Sunday 17 April 2016

Kelainan Dan Gangguan Pada Tulang


Kelainan dan gangguan tulang yang paling umum ialah lantaran tulang mengalami retak atau patah (fraktura). Tanda-tanda umum keretakan atau patah tulang ialah rasa sakit yang andal pada tempat patahan, pembengkakan, dan kemungkinan terjadi pendarahan. Patah tulang sanggup mengalami penyembuhan kembali ibarat pada posisi semula yang disebut reduksi.


Patah tulang sanggup dibedakan sebagai berikut.
  1. Patah tulang tertutup, jikalau tulang yang patah tidak hingga merobek kulit.
  2. Patah tulang terbuka, jikalau tulang yang patah merobek kulit dan tulang mencuat ke luar.
  3. Fisura, jikalau tulang hanya retak.
Selain oleh patahan, gangguan gerak sanggup disebabkan oleh pertumbuhan tulang-tulang kaki yang mengalami kendala sebelum bayi lahir

Kelainan dan Gangguan pada Persendian
Gangguan persendian ada beberapa macam, yaitu dislokasi, terkilir, ankilosis, dan artritis.
1) Dislokasi
Dislokasi terjadi apabila sendi bergeser dari kedudukan semula lantaran ligamentum (jaringan penggantung) sobek atau tertarik.

2) Terkilir
Terkilir disebabkan oleh gerakan yang tiba-tiba atau tidak biasa dilakukan sehingga ligamentum menjadi tertarik, tetapi sendi tidak mengalami pergeseran posisi. Terkilir mengakibatkan rasa sakit yang cukup andal dan mengalami pembengkakan.

3) Ankilosis
Ankilosis ialah suatu keadaan persendian yang tidak sanggup digerakkan lantaran seakan-akan kedua tulang itu menyatu.

4) Artritis
Artritis ialah peradangan yang terjadi pada sendi disertai dengan rasa sakit dan adakala posisi tulang mengalami perubahan.

Kelainan dan Gangguan pada Tulang Belakang
Kelainan dan gangguan yang terjadi pada tulang belakang disebabkan oleh perubahan kedudukan adegan ruas tulang belakang yang disebut spina. Spina akan mengakibatkan perbedaan kelengkungan batang tulang belakang. Secara normal batang tulang belakang melengkung pada adegan punggung (torakal) dan pada adegan pinggul (lumbar). Karena perubahan kedudukan spina pada ruas-ruas tulang belakang terjadilah perubahan kelengkungan tersebut.

Macam gangguan yang disebabkan kelainan tulang belakang sebagai berikut.
1) Skoliosis
Skoliosis,yaitu kondisi di mana tulang belakang adegan punggung membengkok ke kiri atau ke kanan. Penyebabnya ialah posisi duduk yang salah. Skoliosis juga sanggup terjadi jikalau seseorang sering membebani salah satu sisi tulang belakang dan kebiasaan ini dilakukan selama bertahun-tahun.

2) Lordosis
Lordosis,yaitu kondisi di mana tulang belakang adegan punggung membengkok ke belakang. Hal itu sanggup terjadi, jikalau kita sering duduk di dingklik dengan meja yang terlalu tinggi.

3) Kifosis
Kifosis merupakan kondisi yang berkebalikan dengan lordosis. Kifosis, yaitu tulang belakang adegan dorsal perut membengkok ke depan. Hal itu sanggup terjadi lantaran kebiasaan menulis yang terlalu membungkuk.

Kelainan dan Gangguan lantaran Faktor Fisiologis
1) Rakitis
Rakitis merupakan penyakit tulang yang ditandai dengan keadaan tulang kurang keras lantaran kekurangan vitamin D. Fungsi vitamin D ialah membantu dalam penimbunan zat kapur dalam pembentukan tulang. Jika kekurangan vitamin D terjadi pada masa belum dewasa akan terjadi pembengkokan pada kaki. Pembengkokan sanggup ke arah luar sehingga membentuk aksara O atau ke arah dalam sehingga membentuk aksara X. Rakitis sanggup juga mengakibatkan kelainan yang disebut “dada merpati”, yaitu batang tulang belakang memendek.

2) Mikrosefalus
Mikrosefalus merupakan kelainan akhir pertumbuhan tulang-tulang tengkorak yang terhambat lantaran kekurangan zat kapur ketika pembentukan tulang tengkorak pada waktu bayi, sehingga ukuran kepala kecil (ukurannya tidak proporsional). Akibat lebih lanjut biasanya kuat pada perkembangan mental.

3) Osteoporosis
Osteoporosis, yaitu keadaan tulang yang kurang keras (lunak) lantaran kekurangan kalsium dan fosfor. Keadaan tersebut mengakibatkan tulang-tulang menjadi gampang patah dan rapuh.

4) Kelainan sebagai Akibat Penyakit Lain
Kelainan tulang lantaran penyakit, contohnya TBC tulang atau tumor yang sanggup memengaruhi tekanan fisik dan fisiologis tulang dan peradangan pada jaringan pengikat dan tendon.

Cara Memelihara Kesehatan Tulang
Untuk memelihara kesehatan tulang, banyak hal yang sanggup kau lakukan, contohnya sebagai berikut.
a. Menghindarkan cidera tulang dari kegiatan-kegiatan sehari-hari
Dalam melaksanakan acara sehari-hari harus hati-hati biar tidak terjadi kecelakaan yang sanggup mengakibatkan cidera tulang.
b. Makan makanan yang banyak mengandung kalsium dan fosfor
Makanan yang mengandung kalsium dan fosfor, banyak terdapat pada ikan laut, udang, dan kacang-kacangan. Kalsium dan fosfor sanggup meningkatkan ketahanan tulang.
c. Minum susu
Pada umumnya susu mengandung unsur-unsur yang dibutuhkan oleh tubuh, contohnya kalsium dan fosfor. Dengan minum susu secara teratur dibutuhkan sanggup menghindarkan tulang dari kelainan yang disebut osteoporosis.
Janin yang sedang tumbuh membutuhkan kalsium dan fosfor yang banyak. Keduanya dipakai untuk perkembangan tulang dan otak. Jika makanan ibu tidak mencukupi kebutuhan janin akan kalsium dan fosfor, akan diambilkan dari tulang dan gigi ibu. Akibatnya ibu menderita osteoporosis dan kerusakan gigi.



No comments:

Post a Comment