Friday 21 April 2017

Gangguan Pada Ginjal


Fungsi ginjal sanggup terganggu lantaran infeksi bakteri, radang, watu ginjal, dan sebagainya. Jika salah satu ginjal tidak berfungsi atau mengalami gangguan, maka ginjal yang satunya lagi akan mengambil alih kiprah ginjal yang pertama. Namun ginjal sanggup rusak kedua-duanya dan ini akan berakibat sangat fatal lantaran urea akan tertimbun dalam badan dan menimbulkan kematian. Berikut ini yaitu kelainan dan penyakit pada ginjal.


Ilustrasi Cuci Darah


a. Batu ginjal
Pernahkah kau mendengar orang sakit watu ginjal? Tahukah kau penyebab orang sakit watu ginjal? Batu ginjal terjadi lantaran adanya endapan garam kalsium dalam ginjal sehingga menghambat keluarnya urine dan menimbulkan nyeri. Bagaimana cara mengatasi penyakit ini? Penyakit ini sanggup diatasi dengan pembedahan dan sinar laser. Tujuan dari pembedahan untuk membuang endapan garam kalium. Tujuan memakai sinar laser untuk memecahkan endapan garam kalsium.

b. Radang ginjal (nefritis)
Radang ginjal disebut nefritis. Radang ginjal terjadi lantaran adanya kerusakan nefron, khususnya glomerulus yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Rusaknya nefron menimbulkan urine masuk kembali ke dalam darah dan perembesan air menjadi terganggu sehingga timbul pembengkakan di tempat kaki. Penderita nefritis sanggup disembuhkan dengan cangkokan ginjal atau basuh darah secara rutin. Cuci darah biasanya dilakukan hingga penderita mendapat donor ginjal yang mempunyai kesesuaian jaringan dengan organ penderita.

c. Gagal ginjal
Gagal ginjal terjadi kalau salah satu ginjal tidak berfungsi. Kegagalan salah satu ginjal ini akan diambil alih tugasnya oleh ginjal lain. Namun, keadaan ini akan tetap menimbulkan resiko sangat tinggi. Mengapa demikian? Karena menimbulkan penimbunan urea dalam badan dan kematian. Penyakit ini sanggup diatasi dengan cangkok ginjal atau memakai ginjal tiruan hingga ginjal yang orisinil sanggup kembali berfungsi.




No comments:

Post a Comment