Saturday 11 June 2016

Menentukan Usia Tumbuhan Berkayu


Tumbuhan dikotil mengalami pertumbuhan primer dan pertumbuhan sekunder. Pertumbuhan primer ditunjukkan oleh batang yang bertambah tinggi dan akar yang bertambah panjang. Sedangkan pertumbuhan sekunder sanggup kau amati pada batang yang bertambah besar atau ruas batang yang bertambah panjang.


Pertumbuhan sekunder pada tumbuhan dikotil berkayu sanggup kau lihat pada penampang melintang pada batagnya. Cobalah untuk menemukan batang kayu besar yang masih utuh atau pangkal batang kayu yang sudah ditebang. Kamu sanggup menemukan di kawasan penggergajian kayu, kawasan penimbunan kayu, atau di kawasan lain. Jika kau amati, kau akan menemukan garis-garis bulat konsentris yang disebut bulat tahun. Lingkaran tahun terbentuk alasannya yaitu acara pembelahan sel-sel kambium dipengaruhi oleh musim. 

Kamu tentu tahu bahwa isu terkini berkaitan dengan ketersediaan air dan unsur hara. Pada isu terkini penghujan, air cukup banyak tersedia sehingga acara sel-sel kambium meningkat. Pada isu terkini kemarau air yang tersedia sedikit sehingga acara sel-sel kambium berkurang. Kaprikornus pertumbuhan di isu terkini penghujan lebih cepat dibandingkan pada isu terkini kemarau. 

Perbedaan acara kambium di isu terkini penghujan dan kemarau inilah yang menjadikan terbentuknya bulat tahun. Oleh alasannya yaitu itu kau sanggup memilih usia tumbuhan berkayu dengan menghitung jumlah bulat tahun yang kau temukan pada potongan melintang batang berkayu.


No comments:

Post a Comment